PELATIHAN MENULIS BERITA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Pelatihan penulisan berita kepada para siswa sekolah dasar bertujuan untuk memaksimalkan potensi dalam menulis tentang sebuah peristiwa atau kejadian. Para siswa juga diharapkan mampu menginformasikan sesuatu kepada pembaca secara faktual. Untuk mengejawantahkan tujuan tersebut, para siswa diberikan pelatihan menulis berita sesuai dengan kompetensi mereka sebagai siswa sekolah dasar. Metode pelaksanaan dilakukan dengan memberikan contoh berita berupa bacaan, menganalisis bagian-bagian yang berhubungan dengan prinsip menulis berita (apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, bagaimana), dan praktik berdasarkan contoh dan prinsip menulis berita. Untuk memperoleh bahan berita, para siswa melakukan praktik wawancara kepada narasumber yang merupakan teman-temannya sendiri. Hasil wawancara diceritakan kembali dan ditulis dalam bentuk berita dengan menerapkan enam unsur di atas. Pelatihan ini mengintegrasikan empat keterampilan berbicara, yaitu berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan siswa terbantu dalam memaparkan sebuah kejadian atau peristiwa dari hasil wawancara. Faktor keberhasilan tersebut ditentukan oleh bentuk pelatihan dan materi yang diajarkan. Simpulannya, siswa dapat menulis berita sehingga terjadi peningkatan hasil belajar