ANALISIS PEMAHAMAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA UNIVERSITAS LIA DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL
Keywords:
literasi digital, mahasiswa, teknologi modern, Universitas LIA, era digitalisasiAbstract
Literasi digital merupakan kemampuan individu dalam memahami, menggunakan, dan mengelola informasi melalui teknologi digital secara efektif dan bertanggung jawab. Pemahaman konsep literasi digital penting untuk menciptakan lingkungan digital yang aman, positif, serta mencegah penyalahgunaan teknologi secara fatal, khususnya di lingkungan pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi tingkat pemahaman literasi digital mahasiswa Universitas LIA di era digitalisasi modern. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner terbuka kepada mahasiswa dari berbagai program studi di Universitas LIA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa Universitas LIA memiliki pemahaman literasi digital yang cukup baik, terlihat dari kemampuan bersikap kritis dalam mengevaluasi informasi digital. Namun, penelitian juga menemukan adanya sebagian kecil mahasiswa dengan tingkat kesadaran literasi digital yang rendah. Faktor utama yang mempengaruhi pemahaman mahasiswa adalah akses terhadap teknologi, intensitas penggunaan media digital, dan kualitas pendidikan literasi digital yang diterima. Penelitian ini merekomendasikan beberapa strategi pengembangan literasi digital, yaitu pelatihan literasi digital secara terstruktur, peningkatan kesadaran akan bahaya informasi palsu, serta penyediaan akses informasi yang kredibel. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pembentukan mahasiswa sebagai pengguna digital yang kritis, cerdas, dan bertanggung jawab dalam menyikapi informasi di era digital.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Data yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan hanya untuk tujuan yang telah dinyatakan dalam jurnal ini. Informasi tersebut tidak akan diberikan atau digunakan untuk kepentingan lain maupun oleh pihak lain di luar keperluan jurnal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Data yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan hanya untuk tujuan yang telah dinyatakan dalam jurnal ini. Informasi tersebut tidak akan diberikan atau digunakan untuk kepentingan lain maupun oleh pihak lain di luar keperluan jurnal.