PENGEMBANGAN DAN EVALUASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL ADDIE UNTUK MATA KULIAH PEMROGRAMAN ANIMASI

Authors

  • Muhammad Lutfhti Sati Universitas LIA

Keywords:

Media Pembelajaran, Pemrograman Animasi, ADDIE, EUCS, Kepuasan Pengguna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran pada mata kuliah pemrograman animasi serta mengevaluasi tingkat kepuasan mahasiswa dalam penggunaannya. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan partisipan sebanyak 65 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif berbasis skala likert. Untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna, penelitian ini menggunakan instrumen End User Computing Satisfaction (EUCS) yang mencakup lima indikator, yaitu content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa merasa sangat puas terhadap multimedia interaktif yang dikembangkan. Hal ini ditunjukkan dengan persentase rata-rata keseluruhan indikator sebesar 91,41%, yang berada pada kategori sangat setuju. Temuan ini membuktikan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif yang menarik, interaktif, dan mampu meningkatkan keterlibatan serta pemahaman mahasiswa dalam mempelajari konsep pemrograman animasi.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Sati, M. L. (2025). PENGEMBANGAN DAN EVALUASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL ADDIE UNTUK MATA KULIAH PEMROGRAMAN ANIMASI. Media Digital, 1(01), 45–59. Retrieved from https://jurnal.universitaslia.ac.id/index.php/mdlia/article/view/133