ANALISIS SWOT PENJUALAN KUE JALABIA DI DKI JAKARTA
Keywords:
Analisa SWOT, Kue Jalabia, Kuliner Tradisional, UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penjualan kue Jalabia melalui pendekatan (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Kue Jalabia merupakan salah satu produk kuliner tradisional yang memiliki nilai budaya tinggi dan potensi pasar yang cukup besar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara informal dengan pelaku usaha, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kekuatan dari kue jalabia berasal dari cita rasa yang khas, pembuatan yang tidak sulit dan bahan baku mudah didapatkan. Namun, masih terdapat kelemahan utamanya dari segi pemasaran yang masih konvensional serta pengemasan yang kurang menarik. Peluang dari usaha penjualan kue utamanya dari segi dukungan pemerintah pada pelaku usaha kuliner tradisional. Ancaman yang ada masih berkaitan dengan persaingan dengan kuliner modern. Penelitian ini menyarankan pelaku usaha kue jalabia untuk mengedepankan inovasi dari segi pemasaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Data yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan hanya untuk tujuan yang telah dinyatakan dalam jurnal ini. Informasi tersebut tidak akan diberikan atau digunakan untuk kepentingan lain maupun oleh pihak lain di luar keperluan jurnal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Data yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan hanya untuk tujuan yang telah dinyatakan dalam jurnal ini. Informasi tersebut tidak akan diberikan atau digunakan untuk kepentingan lain maupun oleh pihak lain di luar keperluan jurnal.